Taeyang White Night in Jakarta: Kesurupan BIGBANG


"Belum bisa nonton BIGBANG yang asli, nonton yang KW aja dulu."

Begitu post instastory gue waktu boy group Indonesia, B Force, membawakan Bang Bang Bang di Music Bank. Siapa sangka celetukan iseng gue bisa separuh terwujud? Hari berikutnya, gue mendadak nonton G-Dragon. Sebulan kemudian, gue nonton Taeyang.

Seperti yang pernah gue bilang, gue suka banget BIGBANG, tapi nggak familiar sama lagu-lagu solo membernya. Untungnya sebelum nonton Taeyang, gue bisa bersiap dengerin lagu-lagunya, biar nggak buta banget kayak waktu nonton G-Dragon. Tau Taeyang bakal bawain lagu BIGBANG, gue malah fokus nontonin BIGBANG. Ekspektasi gue jadi tinggi banget, berharap konser Taeyang bakal heboh kayak BIGBANG atau minimal seseru G-Dragon kemarin. Ternyata gue salah. Konser Taeyang nggak seheboh itu. Bukannya buruk ya, cuma berbeda dari ekspektasi gue, karena lagu Taeyang memang sebagian besar selow, bukan buat jejingkrakan.

Taeyang membawakan Ringa Linga sebagai lagu pembuka, juga lagu solo Taeyang yang gue dengarkan pertama kalinya saat sering diputar di TV zaman dahulu kala. Nggak hafal lirik, minimal gue tau "Reng goreng goreng, reng goreng goreng~" Anyway, di konser ini, semua penontonnya duduk. Bagus sih, jadi rapi, tapi hampa banget nggak sih, nonton konser nggak pake jejingkrakan? Penontonnya pasif banget, cuma teriak-teriak sambil duduk. Saat penonton yang di depan berdiri, yang belakang marah. Apa serunya? :( Ada saat Taeyang teriak "Jump! Jump!" Eh penonton masih betah duduk. Damn I was NOT going to miss the moment. Gue langsung lompat-lompatan berdua sama sesama reporter di sebelah gue. Bernuansa putih sesuai temanya, "White Night", Taeyang beberapa kali pergi ke balik panggung untuk ganti luaran yang selalu berwarna putih dengan model berbeda, dari cardigan biasa sampe jaket model kemoceng. Menurut gue, dia agak terlalu sering ninggalin panggung, jadi kehebohannya kepotong-potong. Di awal, baru tiga lagu, dia udah pergi ke balik panggung. Berasa nanggung.

Suara Taeyang jernih banget astaga! Ada beberapa sesi akustik, suaranya makin merasuk jiwa raga, nempel di hati. Saat Taeyang bawain Good Boy, gue udah nggak mikirin perasaan penonton belakang. Konser itu saatnya lo beraksi seheboh mungkin, bukan cuma duduk kalem macam nonton di laptop. Lagi-lagi gue dan reporter di sebelah langsung berdiri dan jejogetan. Btw, gue seneng karena Bahasa Inggris Taeyang fasih, jadi gue ngerti semua kata dia. Waktu konser G-Dragon, gue sosad karena nggak ngerti dia ngomong apa. Gue merasakan baper maksimal saat Taeyang ngebawain Last Dance. Pertama, karena gue belum pernah nonton konser BIGBANG. Kedua, karena gue harus nunggu beberapa tahun sampai mereka lulus wajib militer dan comeback. Sempat berhenti dan ngulang dari awal karena kuncinya nggak cocok, gue berasa duet sama Taeyang nyanyiin lagu ini.
A post shared by Sheyla Ashari (@sheylamcf17) on

Gue histeris, lupa dunia akhirat saat Taeyang ngebawain Bang Bang Bang dan Fantastic Baby. Sepanjang dua lagu ini, gue lompat dan jejogetan seheboh mungkin, nyanyi sekeras mungkin walau nggak hafal liriknya. Iyalah, ngafalin lagu berbahasa Inggris aja gue susah, apalagi Bahasa Korea?! Dua lagu ini berasa bikin malam gue jungkir balik. Yang tadinya adem aja selama nonton, di dua lagu ini, gue semacam kesurupan dan saat selesai, gue ngos-ngosan dan mandi keringat. Worth it! Yang bikin baper, suara GD, TOP, Seungri dan Daesung terdengar membahana. Belum bisa ketemu, minimal bisa dengerin suara mereka di speaker besar.


Tata panggung konser kali ini nggak jauh beda sama konsernya dua tahun lalu. Soal setlist juga nggak jauh beda, cuma beberapa diganti buat bawain lagu-lagu dia dari album baru. Ini kedua kalinya gue nonton konser solo Taeyang. Konser solo pertamanya di Jakarta ternyata lebih seru dibandingkan yang  ini. Yang dulu, Taeyang sempat ngasih sepatu bertanda tangan ke penonton yang beruntung, ngajak seorang fans naik ke panggung untuk dinyanyiin, dan nggak pake baju saat bawain Eyes Nose Lips. Kali ini nggak banyak fan service yang dia kasih, apalagi adegan buka baju. Min Hyo Rin lokal sedih! :(
Taeyang dan "Taeyang"
Kalo tulisan ini seolah menyiratkan konser White Night Taeyang kurang seru, ingatlah, wahai manusia, konsep "kurang seru" bagi Taeyang adalah konsep "di atas rata-rata" konser yang biasa gue tonton.

No comments:

Theme images by latex. Powered by Blogger.