Pengalaman Magang di Kementerian Luar Negeri

2:53 AM

Hi beautiful people!
Akhir tahun 2012, gue diharuskan cari tempat magang, karena gue emang diwajibkan magang selama enam bulan.  Waktu itu, gue cari-cari blogpost orang yang share pengalaman magangnya, tapi ternyata cuma dikit yang nulis tentang ini. Jadi semoga post gue ini bisa bermanfaat ya! Gue akan berusaha tulis pengalaman magang gue secara detail. Sepertinya gue akan bagi post ini di 2 bagian... embrace yourselves....

Gue kuliah Hubungan Internasional, dengan konsentrasi Ilmu Keamanan dan Pertahanan. 

Gue sebar CV kemana-mana, dengan motto "you lose nothing". Jadilah gue keliling Jakarta, cari tempat magang. Waktu itu gue daftar ke ASEAN Secretariat (tapi gak ada respons), Chevron (akhirnya gue diterima magang, tapi gak gue ambil karna gue keburu konfirmasi magang di Kemenparekraf), Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan beberapa tempat lainnya, gue lupa. 

Kementerian Luar Negeri

Kartu sakti masuk Kemlu
Gue beberapa kali bolak-balik Kemenlu untuk daftar karena gue selalu salah. Dalam tujuan, gue selalu salah karena gue cuma nulis “Ministry of Foreign Affairs”, tanpa mencantumkan lamaran gue itu tujuannya ke direktorat mana. Sama resepsionis Kemlu, gue disuruh balik lagi next time, dengan tujuan direktorat yang jelas. Akhirnya gue buka website Kemlu, ternyata yang buka lowongan magang itu cuma BPPK. Tadinya sih gue hampir daftar ke situ karena emang cuma itu yang ada, meskipun kurang sreg sih karena sebagian besar temen gue yg daftar ke Kemlu, daftarnya ke direktorat itu. Bokap nyaranin gue daftar aja ke Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa (Amerop), karena bokap tau gue suka ‘negara barat’. Gue cobalah daftar ke sana meskipun di website gak dicantumkan kalo kita bisa magang disana. Gue ajak temen gue, Echie. Beberapa hari kemudian, gue ditelpon. 

Gue dapat kabar kalo gue diterima magang di Dirjen Amerop, tepatnya Direktorat Amerika Utara dan Tengah (Amuteng). Senangnya! Ternyata Echie juga di terima di Kemlu, tapi Direktorat Eropa Tengah dan Timur (ETT/Ertengtim). Meskipun gak dicantumkan di website, ternyata Dirjen2 di gedung utama buka magang juga kok!

Hari H tiba. Dari rumah gue di Bekasi, gue naik Commuter Line sampe Stasiun Gondangdia, naik Kopaja P20 turun di Lapangan Banteng, lanjut jalan kaki sampe Kemlu. Di resepsionis, gue bilang kalo gue mau magang dan mau ketemu Kasubag TU Direktorat gue.
Di Amuteng, ada 4 Subdit:
1. Ekubang I (Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan) Ekubang I hanya mengurus hubungan dengan Amerika Serikat.
2. Ekubang II mengurus hubungan Indonesia dg 9 negara lainnya (El Salvador, Mexico, Peru, Ecuador, dan Negara lainnya, gue lupa)
3. Politik dan Keamanan
4. Sosial dan Budaya

Gue ditanya mau mempelajari negara mana. Gue memilih AS karena… you knowlah! Sebelumnya, gue diwanti-wanti kalo tujuan gue di sini adalah cari pengalaman dan ilmu. Gue gak akan digaji ataupun dikasih makan.

Akhirnya gue diajak ketemu sama Kasubdit dan Direktur. Gue sedikit ditanya-tanya tentang background dan interest gue. Untungnya, Direktur gue waktu itu baik banget!

Jadilah hari pertama gue magang… yang sangat awkward. Gue sangat susah untuk kenalan sama orang baru. Tapi gue harus beraniin diri. Gue keliling ruangan untuk kenalan sama semua staff, dan ternyata mereka asik! Gue dikasih meja sendiri. Hari pertama, gue cuma diminta bantu rapiin surat-surat (filing), karena emang gue belum dikasih laptop. Ternyata filing itu ada gunanya kok! Gue masukin surat ke masing2 folder sesuai issue (Stock Exchange, WTO, Perjanjian, dll) atau Kota (Boston, Chicago, dll). Dari filing ini, gue punya kesempatan untuk baca-baca semua surat, dan WOW! Banyak banget hal dan ilmu baru yang gue dapat. Banyak hal yang selama ini gak ada di media, tapi gue bisa tau dari surat-surat itu. Untuk surat berlabel “RAHASIA”, gue diminta untuk gak fotokopi, nulis, apalagi publish isi suratnya. Hanya untuk pengetahuan gue aja.

Selanjutnya, gue dikasih beberapa bahan bacaan yang berhubungan tentang hubungan ekonomi RI-AS. Ilmu gue bertambah banyak! Gue bisa diskusi sama Diplomat2 dan para staff Kemlu. Kasubdit gue, tiap minggu pasti ajak gue diskusi mengenai hal baru apa yang udah gue dapet, dan beliau pun kasih ilmu-ilmu baru. 

Bergaya di depan legendary building, Gedung Pancasila
Setelah gue dikasih laptop, gue selalu diminta bantu update status bilateral RI-AS. Gue juga mulai diminta bikin surat, Nota Dinas, bahkan bahan pidato Menlu/Presiden! Gue jadi merasa udah berkontribusi buat Negara tercinta! Sering juga, gue nelpon instansi lain untuk minta data atau konfirmasi rapat. “Selamat pagi, saya Sheyla dari Kementerian Luar Negeri” adalah kalimat yang selalu bikin gue berasa keren. Mostly gue komunikasi sama BKPM. Pernah, gue intensif berhubungan dengan BKPM untuk atur jadwal kunjungan Kepala BKPM ke Chicago. 

Orang-orang di Kemlu selalu nyuruh gue, bukan karena mereka malas. Mereka tau kalo gue mau belajar banyak. Dan bener, setiap tugas dari mereka, pasti ada ilmu baru. Meskipun gak digaji, ilmu yang didapet itu jauh lebih berharga! Bahan skripsi gue pun gue dapet dari hasil magang gue! Gue bersyukur dapet magang di direktorat ini. Kebanyakan anak magang itu di BPPK. BPPK itu lebih ke penelitian, jadi lebih dibalik layar deh! Nah, kalo gue langsung deal sama hubungan internasionalnya.
Hari terakhir magang, narsis dulu di meja resepsionis

Anyway, jiwa fangirl gue emang gak bisa hilang. Tiap pagi, gue selalu senang kalo mobil "RI 17" udah parkir di depan Gedung Utama. Suatu pagi, gue girang banget akhirnya bisa ketemu Pak Marty Natalegawa. Beliau adalah salah satu Menteri favorit gue. Meskipun cuma lihat beberapa detik dan gak bisa foto bareng, gue udah bahagia sampe ubun-ubun! Meskipun sampe sekarang gue sering mimpi foto bareng Pak Marty tapi gak pernah kesampean. 

 EDITED
Sejak post ini, email gue rame banget sama orang-orang yang nanya tentang magang di Kemenlu. Pertanyaan mereka pun sama semua: "Gimana sih cara daftar magang di Kemenlu?"
Jadi, untuk daftar magang, here are what you need:
1. CV
2. Cover Letter (semacam esai kenapa lo layak magang di sana)
3. Surat Rekomendasi Kampus
4. Transkrip nilai
Semuanya dimasukkan ke amplop cokelat. Boleh antar langsung suratnya, bisa juga lewat pos. Kirim ke:
Kementerian Luar Negeri
Jl. Pejambon No. 6
Jakarta, 10110.
Harus jelas ya lamaran magangnya ditujukan ke Dirjen mana!

EDITED (24/03/2018)
Setelah empat tahun, baca post ini lagi, ternyata tulisan gue dulu alay banget! Maapin! Pembaca masih banyak banget yang mampir ke sini, omg makasih gaes! Pertanyaan juga masih terus berdatangan. Ini beberapa pertanyaan yang sering muncul, tapi belum ada di post ini. Anggap aja ini FAQ ala ala.

Q: Untuk magang di Kemenlu, harus jurusan HI ya? Universitas swasta atau negeri, ngaruh gak?
A: Jurusan apa aja bisa kok, no worries. Tapi memang yang lebih dipertimbangkan itu jurusan yang ada hubungannya sama magang nanti. Kan magang itu tujuannya belajar. Jangan sampe pas ditanya kenapa mau magang di Kemenlu, jawabannya "Biar bisa ke luar negeri." Hadeh! Baik universitas swasta maupun negeri, semuanya bisa lamar. Iyalah, kita pasti bisa lamar, keputusan ada di tangan mereka. It doesn't hurt to try!

Q: Saya sudah kirim lamaran, kok belum ada respon ya? Udah diterima belum? Prosesnya berapa lama ya?
A: Maap gais, aku ndak tahu! Kusudah lulus empat tahun lalu, dan bukan staff Kemenlu juga. Daripada galau, coba telepon langsung aja, minta dihubungkan ke direktorat yang kalian lamar.

Q: Magang di sana harus bisa bahasa Inggris ya?
A: Nggak juga sih, tapi lebih baik ngerti Bahasa Inggris, karena laporan, kerjaan, materi, apapun itu, banyak yang berbahasa Inggris. Yaiyalah, namanya juga Kementerian Luar Negeri.

Q: Semester berapa baru boleh daftar?
A: Itu sesuai kampus kalian. Yakali baru masuk kuliah langsung daftar magang. Belajar dulu! Tanya aja ke kampus masing-masing, kapan kalian boleh magang. Toh memang harus minta surat rekomendasi kampus saat melamar.

Q: Di Kemenlu ada direktorat apa aja ya?
A: Kalo kalian bisa baca post ini, berarti kalian punya internet kan? Bisa google kan? Kemenlu juga punya website lho!

Q: Dresscode gimana?
A: Yah lihat saja gaya mbak-mbak kantoran. Dulu sih gue suka pake kemeja dan celana panjang bahan atau rok bahan, juga pakai flat shoes yang modelnya nggak terlalu nyantai. Pake batik setiap hari juga oke banget.

Plis, baca dulu post ini, kalau gak ada, baru deh nanya. Males selalu dapet pertanyaan yang sama. "Gimana sih caranya daftar kak?" "Kirim ke mana ya kak?" Padahal semuanya udah ada di post ini. Baca artikel picisan ini aja males, gimana kalau magang nanti dan harus baca laporan puluhan lembar? And, guys, please don't ask me to send you and email. Gue ndak serajin itu. Cus baca dulu post ini, kalo gak ada, tulis aja di kolom komentar yaaaa!

65 comments:

  1. sori gue mau nanya lo ngajuin magang gitu langsung dateng aja ato lo udah kenal orang di tempat magang?
    gue juga lagi butuh tempat magang tapi jurusan gue pariwisata
    gue masih bingung mau magang dimana..gue bisa minta kontak lo gak buat tanya-tanya
    thank's yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mau sharing aja nih cara untuk magang kemlu. Aku sekarang juga lagi magang di Kemlu Direktorat Eropa Barat. Pertama adalah kamu siapin dokumen-dokumen seperti Transkrip Nilai, Surat Pengantar Magang dari Kampus kamu, foto 3x4 berwarna 1 lembar, terakhir CV. Dokumen-dokumen itu kamu masukin ke amplop coklat. Terus tulis ditujukan kemana, waktu itu aku

      Direktorat Eropa Barat (bisa kamu ganti dengan direktorat yang kamu pengen)
      Direktorat Jendral Amerika dan Eropa (Masuk ke dirjen manakah direktorat yang kamu pengen)
      Jl Pejambon (lalalala coba liat di website Kemlu alamatnya)

      Nah selanjutnya kamu bisa, 1) Bawa amplop yang berisi dokumen-dokumen tersebut langsung kasih ke resepsionis kantor Kemlu, dengan cara ini kamu bisa mastiin kalau mereka nerima surat kamu. 2) Kamu bisa kirim pake pos, nyamep 3-4 harian (aku waktu itu kirim surat dari Bandung)

      Selesai nanti tinggal tunggu di telfon.

      Selamat mencoba :)

      Delete
    2. Mereka apa tidak terima aplikasi via email ya? Kalau posisi ku lg ga di indo gimana ya :(

      Delete
    3. boleh minta contoh format surat pengantar magang nya gak kak ? dan itu ditulis dalam bahasa inggris atau Indonesia ? terimakasih ..

      Delete
    4. ka mau nanya klo kita naru lamaran untuk magang harus tau info lowongannya dlu atau kita bisa naru aj ke staffnya?

      Delete
  2. maaf saya mau tanya, kalo magang disana mesti fasih bahasa inggris ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal ngerti bahasa Inggris..

      Delete
    2. maaf ka kalo magang di semester 5 bisa ga yah ???

      Delete
    3. maaf ka kalo magang di semester 5 bisa ga yah ???

      Delete
  3. Hi ka Sheyla! You give so much courage to try on something new like this one. Yang aku pengin tanyakan adalah semester berapa udah boleh daftar? Aku masih semester 3 soalnya :) thanks. Heres my e-mail duatibumi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! thanks udah baca..
      lebih baik sih di semester2 akhir, saat pelajaran kuliah udah gak banyak :)

      Delete
  4. Kak sheyla mau tanya ni, jadi pertama kita harus tau di direktorat mana yang kita pengen?
    atau gimana?
    kalau boleh minta cp nya.atau bisa kirim ke e.ardianta@gmail.com

    thanks :)

    ReplyDelete
  5. hi ka sheyla, nice to meet you! excited banget baca tulisannya soalnya kebetulan di akhir tahun ini atau di awal tahun depan ada rencana apply magang di kemenlu juga. sebenernya masih blm ngerti mslh pengiriman ke dirjennya ituloh. sorry sblmnya ya, bisa dijelasin lbh sederhanan lg gak ? thanks before yah :)

    ReplyDelete
  6. It's glad to read your magang experience in MInistry of Foreign Affairs. Wannas ask something, apa Kemenlu hany melirik mahasiwa HI untuk magang disana atau bisa melirik mahasiswa lain, seperti halnya saya dari Fakultas Hukum, jurusan Hukum Internasional.
    O iya, apa harus fasih berbicara dlm bhs.inggris..? Thx for the reply :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Sorry it took so long to reply this.
      jurusan lain kok, dulu temen gue di satu direktorat, ada yang anak Hukum Internasional juga.
      Soal bahasa Inggris, sangat disarankan. Karna kalo cari bahan atau apapun, lumayan sering tuh yg harus pake bahasa Inggris.

      Delete
  7. Sheyla boleh tanya dulu les bahasa inggris stay belajar sendirian? Kalo les boleh tau les di mana? Thank you:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu les di IEC (Intensive English Course). Sebenarnya ilmu bahasa Inggris lebih banyak dapet sendiri, dari film, lagu, atau interaksi langsung sama native speakers. Tapi les bermanfaat supaya bahasa Inggris yang dipake itu lebih teratur, gak ngasal :)

      Delete
  8. Halo, btw thanks yaah informasinya bermanfaat banget :)\
    Mau nanya nih, waktu itu applynya diproses berapa lama yah?
    kira2 jarak waktu yang baik untuk apply nya berapa lama sebelum waktu magangnya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you! :)
      tergantung direktoratnya juga, ada yang cepet, ada yang lama. waktu itu sih aku sekitar 2 minggu baru ada kepastian..
      dan sebaiknya apply 3-4 bulan sebelumnya. Hope this helps.

      Delete
  9. hay sheyla, mau tanya. ketika kita memilih direktorat bagian negara mana, apa kita harus punya bekal pengetahuan tentang bagian negara tersebut? misalnya seperti km di bagian dierktorat amerika. sy sangat tertarik untuk ikut magang tahun ini. pengalaman mu bermanfaat banget

    ReplyDelete
  10. Hi Sheyla, tengkiu bgt uda share pengalaman kamu. Aku juga lg apply magang di kemenlu bagian direktorat hukum dan perjanjian internasional, ini karna aku anak Hukum dan magang itu ga mandatory utk jurusan kami jadi jarang bgt anak hukum magang kecuali kl gak mau skripsi ya jd ambil magang de buat kelulusan.

    Btw, kalo di kemenlu kemarin kamu disuru pake dress code gak tiap harinya? Bingung sama pakaian utk kerja sih.. blh share dikit ga ttg forma wear yg kamu pake selama magang? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! kalo dresscode sih gak ada, yang penting pakaian rapi. celana/rok bahan, sama kemeja. atau tanktop-cardigan gitu juga boleh, asal yang simple aja. sama palingan pake batik

      Delete
  11. Hi Sheyla, glad to found this blog and thanks for sharing ur experience!
    Mau tanya nih, aku kan mahasiswa Ilmu Politik semester 3, exited bgt mau magang di kemenlu. Sebenernya bisa gaksih magang di kemenlu selain jurusan HI or hukum International? Atau kalo bisa di bagian apa yg concern ke politik gitu?

    ReplyDelete
  12. Hi Sheyla, aku mau tanya dong, kalo daftar ke kemenlu itu akan di cek toeflnya juga atau enggak?

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Hi ka sheyla...
    Makasi ya udah share pengalamannya.. aku juga bakal magang tahun tahun iniii dan sekarang lagi galau se galau galaunyaaa
    Aku mau nanya nya dooong kalo boleeeh.. hubungin aku ke emailku dong ka.. sophiasyifafauzia@gmail.com
    Makasi ka sheyla

    ReplyDelete
  15. AninditiaLarasatiJune 16, 2015 11:18 PM

    hi there Sheyla, u have to know that this page really mean a lot for me. Jadi semangat, dan kepengen bgt magang di kemenlu mhihi but the prob is.. aku udah apply dr sekitar seminggu yg lalu dan posisinya aku lg kuliah di semarang ga bisa ke kantornya, bingung mau ngehubungin siapa soalnya cm ada nomernya kemenlu sentral, ga dicantumin ekstensi buat ke dirjen masing2 aku sih pengennya Amerop (thanks to you) kalo km punya nomernya tolong bgt ya please pisan ini mah. Once again thanks for sharing :D wish me luck sist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi thanks for your comment, means a lot to me! :)
      Aku udah nggak punya kontak mereka, dan biasanya emang dikirim aja ke pusat, pasti di respon. asalkan pas kirim lamaran, jelas ditujukan ke direktorat mana

      Delete
  16. hai,,sheyla..sy tertarik dng pngalaman kamu,,boleh bntu sy gx? akhir tahun ini sy sdh harus KKL,,tjuan sya pngen le amerika, untuk persyaratan sm step2 nya kasih tau ya..kirim ke email sy z. deafitrajaya90@yahoo.com maaf sblum ny..thnks

    ReplyDelete
  17. hi sheyla. wow your experience its so cool.. i need more information bout this can you please contact me by email? im so glad if you contact me.
    impuspitasari@gmail.com
    thank you so much sheyla :)

    ReplyDelete
  18. Hi Sheyla. mau tanya. tupoksi kamu saat magang apa aja? terima kasih.

    ReplyDelete
  19. please contact me rinus.pulmasari@gmail.com

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Halo, mbak sheyla. Aku juga tertarik buat magang ke Ditjen Amerop. Aku sudah email kamu untuk mintak kontak perwakilan Ditjen Amerop buat lihat ketersediaan kuota magangnya. Tolong cek email dong mbak sheyla :)))))

    ReplyDelete
  23. Hai kak, mau nanya nih. Klo untuk magang univ kita swasta atau negeri berpengaruh gak?

    ReplyDelete
  24. Hai kak, mau nanya nih. Klo untuk magang univ kita swasta atau negeri berpengaruh gak?

    ReplyDelete
  25. Hai kak! Informasinya �������� banget!
    Mau nanya2 dong kak, kalau aku masih smt 4, apakah bisa magang di kemlu untuk summer aja? Apa ada minumal period untuk magang di kemlu? Thx kak!

    ReplyDelete
  26. Hai kak! Informasinya �������� banget!
    Mau nanya2 dong kak, kalau aku masih smt 4, apakah bisa magang di kemlu untuk summer aja? Apa ada minumal period untuk magang di kemlu? Thx kak!

    ReplyDelete
  27. Haii kak,, mau tanya nih, apa selama magang selalu disuguhkan dengan bahan atau tugas2 dg bahasa inggris ? terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Gak selalu kok, sebagian besar materinya Berbahasa Indonesia. Tapi sering cari data dalam Bahasa Inggris

      Delete
  28. Haii kak :)
    Kalau boleh bagi cara bikin motivation letter dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Itu isinya tentang kenapa kamu tertarik melamar ke bagian yang dituju, juga kenapa kamu kandidat yang cocok untuk posisi yang dilamar. Contohnya silakan liat di google yaaa :)

      Delete
  29. Hai kak mau nanya dong, jadi aku sekarang lagi ngurus surat magang untuk masuk ke Kemlu. Nah, disitukan ada syarat CV. Icha mau minta saran nih kak, saya dari Public Relations hehe menurut kakak CV nya mending pake Word atau CV Kreatif gtu? Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Kementerian, sebaiknya sih pake CV biasa aja :)

      Delete
  30. Halo kak sheyla, mau nanya yang diterima magang apa hanya mahasiswa jurusan Hubungan internasional? Kalau misal dari jurusan Ilmu Politik apa boleh yaa? Terimakasih:)

    ReplyDelete
  31. Halo kak sheyla, saya mau nanya apa yang diterima magang cuma mahasiswa Hubungan Internasional? Kalau dari jurusan ilmu Politik apa boleh?

    ReplyDelete
  32. Hey Sheyla, nama aku Bika dan aku baru diterima untuk magang di Sekretariat Direktorat Jenderal Amerop. Untuk ini sebenernya aku mau tanya, apa aja yang kamu lakuin selama di Kemlu? I would love to discuss over coffee if you are in Jakarta, shoot me an e-mail at bika_alice@hotmail.com. Thanks so much!

    ReplyDelete
  33. kak saya udah 2 minggu yang lalu daftar untuk magang dan ngasih berkas sesuai syarat tp belum dihubungi juga, berarti saya gak diterima ya?

    ReplyDelete
  34. hai,kak Sheyla. Thankyou for sharing your internship experience, it's so inspiring and helpful. Oiya mau nanya nih, pas kakak mau magang itu kakak ngontak (telp/email) kemlu nya dulu atau langsung kirim persyaratan buat magang ke dirjennya? hope u can answer my question, thankyou.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Terima kasih sudah baca :) Dulu sih aku langsung kirim aja kok, gak pake kontak dulu.

      Delete
    2. makasih kak atas responnya :). btw, aku juga konsentrasinya sama kayak kakak keamanan dan pertahanan hehe. sukses selalu kak

      Delete
  35. hi kak Sheyla, thankyou for sharing, you help me a lot yang kebetulan mau magang juga di Kemlu, di direktorat yang sama dengan kak Sheyla hehe. Btw aku skrg semester 6 kak, dan akan magang di semester 7 nanti, nah aku mau tanya kak apa magang di Kemlu ini dibutuhin proposal magang? selain persyaratan2 yang udah tercantum di website Kemlunya sendiri. Makasih kak sebelumnya, semoga pertanyaanku dijawab kakak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proposal magang itu maksudnya yang gimana ya?

      Delete
    2. Semacam makalah pengantar buat ke kemenlu nya ajasih kak..

      Delete
    3. Aku bantu jawab yah :)
      Kalau di kemlu gak perlu buat proposal magang. Alhamdulillah aku akan magang di kemlu agustus besok. Waktu itu aku cuma kirim berkas cv, surat pengantar kampus, surat lamaran magang, dan transkip nilai. Dan sepengalamanku, kita apply-nya harus jauh2 hari min 3 bulan sebelumnya, karena biasanya posisinya full gitu.

      Delete
  36. Halo kak, aku mau nanya.. untuk waktu magang itu kita yg tentuin atau pihak kemenlunya yang tentukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita yang nentuin, tapi tetap harus pastikan jadwal di Kemenlunya, apakah waktu yang kita mau itu memang lagi lowong

      Delete
  37. haloo mau tanya ttg yg apply magang ke chevron itu gmn yaa?

    ReplyDelete
  38. Hi, aku mau tanya. Untuk tujuan kirim suratnya kita tulis nama siapa aja ya? Kita tulis langsung Dirjen yang mau kita tuju atau gimana? Trima Kasih..

    ReplyDelete

Theme images by latex. Powered by Blogger.