Pengalaman Magang di Kementerian Pariwisata

1:14 AM
Hi Beautiful People! It's me again!

Setelah cerita tentang pengalaman magang gue di Kemenlu (disini), sekarang waktunya gue cerita pengalaman magang di Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).
Awalnya, gue mau magang di Direktorat Kerjasama Luar Negeri, tapi ternyata udah penuh. jadilah gue diarahkan ke Dirjen Pemasaran Pariwisata. waktu itu gue langsung bawa surat-surat ke Dirjen itu dan ketemu sama Pak Elgy. nggak pake ribet, gue langsung di terima dan dijadwalkan magang mulai April-Juni.



Awal magang disini, gue langsung jatuh cinta berat sama Gd. Sapta Pesona. Selain lokasi nya mudah di jangkau, kantor itu berasa banget suasana Indonesia. Masuk ke lobby, di stel lagu daerah Indonesia dan banyak pajangan berbau Indonesia.
Seperti biasa, hari pertama gue awkward karna gue susah kenalan sama orang baru. disini pun beda sama Kemenlu, karna gue nggak dikasih laptop/komputer sendiri, bahkan meja gue pun nyelip aja. Tapi, gue terlalu jatuh cinta sama suasananya! Bulan pertama, gue di tempatkan di Direktorat Promosi Konvensi, Insentif, Event dan Minat Khusus (KIEMK). Meskipun awkward di hari pertama, gue langsung ngerasa nyaman karna orang2nya asik banget! Mereka tanya2 gue kenapa masuk situ, dan gue cerita hobi gue yang suka hore hore (ini direktorat sesuai banget sama gue!)
Sama seperti Kemenlu, gue magang tanpa di gaji. Tapi enaknya di Direktorat ini adalah, tiap hari lunch gratis! Bahkan selalu banyak makanan dan gue bisa coba makanan khas berbagai daerah di Indonesia!

Kerjaan gue basically sama kayak di Kemenlu. Nulis surat, translate dokumen, dsb. Di hari ketiga gue magang, gue diajak ke pameran Food and Hotel di JiExpo. Bahagianya gue! di event ini, gue jaga stand Kemparekraf. Bagi2in brosur dan buku2 pariwisata Indonesia, dan sebagai pecinta bule, gue seneng karna disini banyak bule! hahaha! Asiknya lagi, jaga stand itu dibayar! Lumayanlah buat mahasiswi kere kayak gue! Asiknya (lagi dan lagi) stand gue ditempatkan bersamaan dengan stand2 makanan. Jadilah gue puas2in makan keju, coklat, dan makanan2 mahal lainnya. Gue bahkan ambil keju yang harus dimakan bersama anggur, tapi akhirnya gue buang karna rasanya... uhm.....
Bahasa Inggris adalah kelebihan utama gue kalo jaga stand. Kalo ada bule mampir ke stand, gue selalu jadi garda terdepan untuk ngejelasin pariwisata Indonesia. Besoknya di kantor, Pak Daniel langsung heboh "ternyata Sheyla ini pintar! Dia yang menjelaskan pariwisata ke bule-bule!". Gue salting aja! Dan sejak itu, reputasi gue meningkat. hahaha (bukan mau sombong, I'm just sharing my experience). Contohnya, kalo nggak ada Mbak Ros, gue selalu didaulat untuk ngomong sama orang orang luar via telpon. Gue makin diandalkan untuk bantu kerjaan para staff. Gue juga pernah diminta nulis Surat Keputusan Menteri tentang Jakarta Marathon!

Stand Kemenparekraf di Hotel and Food Expo
liat tuh stand tetangga! keju dan cokelat! Gimana nggak bahagia?
Suasana di Direktorat ini pun hidup dan ceria banget! akrab dan kekeluargaan. Dari direktur sampe semua staff, kita udah biasa ngobrol bareng dan becanda2. nggak kaku! Dari yang harusnya cuma sebulan di direktorat ini, gue akhirnya diminta perpanjang jadi 2 bulan. Gue juga pernah diajak ikut cruise training, intinya kami di training tentang potensi kapal pesiar di Indonesia oleh seorang pengusaha Cruise dari Perancis. Gue jadi punya cita2 baru! Gue pengen naik kapal pesiar! hahaha

Cruise Training. Pak Maruli sebagai moderator


Biasanya kalo udah jam-jam mau pulang, gue nongkrong dan main sama teman2 baru kayak Mas Ari, Akbar, dll. Pekerjaan tersulit yang pernah gue lakukan adalah bikin rencana anggaran acara golf di Korea-Jepang. Ini pusing, berhubung gue pusing kalo liat angka2. Beruntung, Mas Indra dan Bu Dian dengan rela membantu anak bodoh ini sampe malem. Orang disini pun gaul! Mas Indra ini ternyata suka dengerin lagu2 rock juga! Dengan suasana akrab ini, gue makin jatuh cinta sama Kemenparekraf dan berharap suatu hari gue bisa kerja disini.

Gue suka banget kalo disuruh antar surat ke Menteri dan Wakil Menteri. Kantor Menteri kayak hotel, bagus dan berseni banget! Nggak seperti di Kemlu yang harus mimpi2 dulu ketemu Menteri, disini, dengan mudahnya gue ketemu Bu Menteri!

Di akhir periode gue di direktorat ini, gue disuruh ikutan event lagi. Kali ini event international franchise gitu di JCC! Acaranya lebih elit karna gue ikutan konferensinya juga, macam konglomerat! Gue pun dikasih seragam, dan stand gue jadi perhatian karna ada Putri Wirausaha Kreatif! Di konferensi ini, gue jadi notulis Kemparekraf, nyatet apa aja bahasan di talk show, terutama tentang Wisata Syariah. Seru! Ada suatu kejadian awkward. Jadi ada bapak2 dateng ke stand gue dan tanya2. Gue jelasin dong dengan semangat membara dan kasih beliau merchandise Kemenparekraf. Beliau sepertinya senang gue lancar jelasin ttg pariwisata dan senyum2. Tiba2 Pak Tommy datang dan nyapa bapak itu dengan sopan. Oh ternyata! Beliau salah satu petinggi di Kemparekraf! -_-

di acara International Franchise.
International Franchise Conference with Syifaa, Pak Tommy and Pak Hermon.

Di periode kedua, gue ditempatkan di Direktorat Perencanaan Pariwisata gitu! Jujur, di direktorat ini nggak gitu asik karna kerjaan gue cuma ngurus surat2 yang masuk untuk dikasih ke Direktur. di direktorat ini pun nggak dapet makan siang, dan gue nggak akrab sama para staff. Untungnya ada Pak Asmin, Mbak Diah dan Bu Endang yang jadi temen ngobrol gue. Di direktorat ini pun gue belajar memperkuat mental karna hampir tiap hari gue di marahi salah satu staff. Gue nggak ngerasa melakukan kesalahan apa2 karna gue selalu nurut apa yang diajarkan Mbak Diah dan Bu Endang. Tapi entah kenapa, salah 1 staff ini kayaknya emang hobi ngajak ribut semua orang! -_-

Overall, gue sangat jatuh cinta sama pengalaman magang gue di Kemenparekraf. Gue selalu berpikir, kalo mau dapet ilmu, lebih baik magang di Kemenlu. Kalo mau pengalaman asik, mending magang di Kemenparekraf!

*edited*
sejak post ini, email gue rame banget sama orang-orang yang nanya tentang magang di Kemenparekraf. pertanyaan mereka pun sama semua: "gimana sih cara daftar magang di Kemenparekraf?"
Jadi, untuk daftar magang, tinggal kirim CV+Cover Letter+Surat Rekomendasi Kampus+Transkrip Nilai ke Kemenparekraf. Bisa datang langsung, bisa juga lewat pos. Lebih enak sih datang langsung, karna bisa langsung ketemu sama staff yang handle anak magang. Tapi kalo kampus kalian diluar Jakarta, bisa kirim ke:
Gd. Sapta Pesona
Jl. Medan Merdeka Barat No. 17
Jakarta, 10110.
Harus jelas ya lamaran magangnya ditujukan ke Dirjen mana...

ps:
gue saranin lamar magang 3-4 bulan sebelumnya, karna permintaan magang di Kementerian ini banyak banget. Apalagi yang gue denger, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) akan didahulukan karna masih 'anaknya' Kemenparekraf.

Cheers!

Update, 17 Maret 2020
Teman-teman, post ini ditulis tahun 2014. Sudah enam tahun berlalu, untuk yang tanya apakah program magangnya masih dibuka, atau kontak orang-orang di kementerian bersangkutan, maaf aku nggak bisa jawab, ya. Terima kasih! :)

36 comments:

  1. sheyla gue minta boleh minta kontak lo gak?
    gue lagi pengen magang di kementrian pariwisata cuma bingung ngajuin proposalnya gimana
    thank's yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. sheyla kalo ambil data aja di kemlu sama kemetrian pariwisata bisa gak yah?#confused

      Delete
    3. Haloo kak, saya mahasiswa semster 4 pariwisata.sbntr lgi saya akan melakukan kegiatan magang untuk persiapan nya dokumen2 seperti apa ya kak dan dr sana kaka di tunjukan ke direktorat mana ya kak

      Delete
  2. Halo selamat sore, boleh minta kontaknya gak? Saya mau banyak tanya soal magang hehe. Terima kasih. ditunggu reply nya ya

    ReplyDelete
  3. hai kak sheyla... boleh minta alamat emailnya ga?
    kebetulan saya mau nanya tentang magang di kemenpar. saya masih agak agak bingung kak.
    soalnya saya juga di luar jakarta, jadi ga bisa datang langsung ke kemenpar nya buat nanya2.
    mohon bantuannya kak.
    trimakasih :)

    ReplyDelete
  4. Halo kak, saya boleh minta kontak kakak, email, line atau whatsapp kak? Saya mau nanya tentang kemenpar ini. Terima kasih kak.

    ReplyDelete
  5. kak mau bertanya,ada berapa banyak direktorat yang ada di kementrian pariwisata dan apakah susah jalanin pekerjaan di sana? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. halo kak, maaf mau tanya..kalau pas diarahkan ganti dirjen gitu, berarti kakak sudah kesana duu dan akhirnya ganti berkas baru kembali lagi? Kabar kuota penuh atau tidak itu dengan datang langsung ke sana atau bisa via telp yak kak?

    Kalau bisa, mau minta kontak untuk tanya-tanya..hehe. emailku ndhfsr@gmail.com kak, kalau ga mau post kontak disini :)

    ReplyDelete
  7. anak komunikasi bisa kan magang di kemenpar?

    ReplyDelete
  8. Selamat siang kak, ka bisa minta kontak kaka (email atau line atau nope )? Saya mau nanya2 tentang info magang disana. Soalnya saya bigung gimana caranya bisa magang disana. Monon di balas ya kak.
    Terimakasih sebelumnya kak.

    ReplyDelete
  9. mba sis,,,boleh minta kontaknya,,saya mau liat sk magang di kemenpar,,saya magang di kemenpar,,,cuman sk magangnya dy minta contohnya baru dibikinin,,saya magang di asdep pengendalian transformasi,,,terima kasihh atas bantuannya,,,

    ReplyDelete
  10. ka tau info magangnya dari mna ka? atau kita naru2 aj lamarannya

    ReplyDelete
  11. mbak boleh minta contoh CV+Cover Letter+Surat Rekomendasi Kampus+Transkrip Nilai ke email djzaluteja@gmail.com
    terima kasih ya mbak

    ReplyDelete
  12. Kak, minta emailnya boleh? Aku mau nanya2 sedikit klo ada waktu hehe terima kasih sblmnya :)

    ReplyDelete
  13. Halo Kak, saya juga jadi berminat magang seperti kaka. Bisa minta alamat email.. Terima kasih .

    ReplyDelete
  14. Kak aku kan udah masukin proposalnya, nah waktu itu kira kira berapa lama ya ka waktu keputusan diterima magangnya atau tidak? Terimakasih

    ReplyDelete
  15. Kak boleh minta contactnya? Aku butuh info kakak lebih lanjut hehe thankyou

    ReplyDelete
  16. Kak aku baru hari ini baca blog kakak, tadinya aku nyari tentang cara magang di kementrian pariwisata tauny ada blog kakak nulis tentang pengalaman magang di kemenparekraf
    Hmm gini disitu kan kakak nulis "mahasiswa sekolah tinggi pariwisata akan didahulukan karena masih anaknya kemenparekraf"
    Gini kak aku baru masuk kuliah di sekolah tinggi pariwisata bogor, aku ngambil program s1 tentang hospitality management, kuliahnya masih semester awal banget masih tahap pengenalan juga
    Aku dari smk udah kepengen banget ngerasain kerja di kementrian pariwisata kalo bisa jdi mentrinya hehe��ktanya enak kalo di dinas pariwisata jalan jalan mulu hehe
    Aku juga pas smk jurusan jasa boga, belajarnya lebih bnyak ke praktek masaknya tapi tentng priwisata sedikit bnget
    Aku juga suka kpop sama kaya kakak ��
    Aku juga exo-l, bias aku Kai ��
    Gara gara suka korea ini aku kepengen keluar negeri ��
    Duhh maaf yah kak kalo aku sok akrab gini ☺
    Aku sebenernya gak mau tanya apa apa sih kak cuman aku pengen kenal aja sama kakak sama aku memberikan apresiasi untuk tulisan kakak hehe
    Thanks kak gomawo ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha senangnya dapet komen dari exo-l! Semangat menjalani kuliah! Magang di Kemenpar emang recommended banget, meskipun kemungkinan anak magang keluar negerinya kecil. Dan yg kuliat, kalopun udah kerja, cuma direktorat tertentu yg sering keluar negeri. Tapi kalo soal negeri sih, pasti bisa kok ke sana tanpa urusan kerjaan. Hwaiting!

      Salam kenal,
      Kekasih D.O.

      Delete
  17. Kak boleh minta kontaknya ?
    Saya pengen tanya" tentang magang di kemenpar...
    Makasih sebelumnya ����

    ReplyDelete
  18. Kak boleh minta kontaknya ? Saya ingin tanya" tentang kemenpar
    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  19. hai kak, boleh minta kontaknya ngga? saya mau nanya tentang magang dikemenpar, masih bingung gimana caranya kak. makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Soal melamar magang udah kutulis semua di atas ya. Ayo dibaca lagi :)

      Delete
  20. halo shey, boleh minta kontak lo gak? mau nanya seputar magang.

    ReplyDelete
  21. Halloo ka Sheyla.. aku Wilda... boleh nanya2 ya ka...
    Waktu kaka magang di Kemenpar itu berapa lama ka ?
    Basicly aku bukan dari jurusan pariwisata sih.. aku dari Geografi UI tapi memperdalam Geografi Manusia yang berkaitan sama Pariwisata juga dan pengen banget kerja di Kemenpar. Kalau yang magang di Kemenpar itu bisa dari jurusan apa aja atau jurusan pariwisata aja ya ka ?
    Terima kasih ka sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Soal jurusan, sepertinya apa aja boleh kok.

      Delete
  22. Halo kaa salam kenal. Boleh minta contactnya? Saya mau tanya2 seputar magang di kemenpar lebih lanjut. Jika berkenan, tolong email saya ke nadiaristik@gmail.com trimakasih kaa

    ReplyDelete
  23. Awww! thank you! it helps me so mucccch. Salam dari jogja!

    ReplyDelete
  24. hai kak, emmm....."Harus jelas ya lamaran magangnya ditujukan ke Dirjen mana..." ini maksudnya gimana yaa kak.....saya g ngerti nih.....boleh tolong dijelasin g kak?

    makasih

    ReplyDelete
  25. Halo kak, Aku masih kelas 3 sma, Aku masih bingung kak mau ambil jurusan pariwisata atau perhotelan. Bagusan yg mna kak?Mohon bantuannya ya kak makasih😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak kalau untuk menejemen itu ke bagian apa ya kak?

      Delete
  26. Hai sheyla. Saya mau penelitian di kemenpar. Ada kontak yg bisa d hub?
    Trima kasih

    ReplyDelete
  27. Keren Pengalamanya, Saya juga ada Pengalaman Saat magang Jurusan TKJ di betabisnis.com Pekanbaru

    ReplyDelete
  28. Hai kak, aku baru baca blog ini sekarang. Bermanfaat banget kak, kalau boleh tau kakak kuliah nya apa ya?

    ReplyDelete

Theme images by latex. Powered by Blogger.