Menertawakan Diri Sendiri: K-pop

8:28 AM

I'm feeling so energetic~

Post kali ini sesungguhnya nggak berfaedah, guys. Gue cuma ingin menertawakan diri sendiri. Diri gue tiga tahun lalu yang anak pop-punk berdedikasi, yang wallpaper ponselnya foto vokalis gondrong dan bertato, mungkin bakal ketawa gegulingan lihat diri gue yang sekarang, penikmat audio dan visual para cowok-cowok Korea mulus  yang jago jejogetan. Ada yang bilang ini cuma fase yang nantinya bakal berlalu. Mungkin benar,  jadi nikmati dulu aja kehebohan gue saat ini.

Biarkan gue bercerita tentang masa lalu gue yang kelam.

Gue nggak bisa dibilang hater, karena  gue nggak benci Kpop. Gue cuma ngerasa... aneh. "Gue nggak mau ikutan jadi fans lebay!" "Ah mereka nggak bikin lagu sendiri, nggak kreatif." Gue udah pernah cerita gimana dulu gue aneh banget liat video Wolf-nya EXO, dan sekarang EXO malah jadi salah satu boy group favorit gue. Kalo lo bukan penikmat Kpop karena alasan apapun itu, yes, dulu gue kayak lo. Apapun yang lo pikirkan. Persis. 

(Read: EXO: Kualat yang Alhamdulillah)

Sampai gue kenal CNBLUE.

Wah ternyata ada juga ya grup yang main intrumen musik. Ada juga grup yang nyiptain lagunya sendiri. Tapi yaudah, cuma CNBLUE yang gue hebohkan, belum terjun ke jurang Kpop ini. Oh, gue juga dengerin SHINee karena entah dari mana telinga gue terkontaminasi 'Ring Ding Dong'. Sebagai penggemar dorama Jepang sejak SMA, gue mulai iseng nonton drama Korea, karena jaman SMA dulu gue suka banget nonton 'Boys Over Flower', jadi kali ada aja ada yang nyangkut juga. Ternyata berjodoh. Gue jadi semakin keranjingan drama Korea.

Drama, bukan musik. Belum.

Sampai gue nonton 'My Annoying Brother', yang bintang utamanya Jo Jung-suk dan Do Kyung-soo EXO. Gue bukan pengamat perfilman, tapi akting Kyungsoo  luar biasa! Mulai lah gue berkonsultasi dengan Google, ingin PDKT sama aktor keren ini. Ternyata dia member EXO, boy group yang dulu gue ejek-ejek aneh. Gue mulai nyicipin lagu EXO. Kemudian terjadi ledakan penuh warna di otak gue.


The rest is history.

Sekarang gue bisa menjawab komentar-komentar songong gue zaman dahulu kala.

SOAL FANS ALAY

Okay, memang masih banyak fans alay yang hobinya perang di medsos, membela idola masing-masing. Boamlah, gue sudah mengalami masa alay itu bersama Westlife. Sekarang gue cuma menikmati indah-indahnya aja. Ternyata, banyak banget pengaruh positif Kpop!
Pertama, gue jadi bisa sedikit-sedikit Bahasa Korea. Kedua, gue sangat nggak bisa ngedance. Sekarang, setiap pagi gue rajin nyetel video dance practice grup-grup favorit, cuma buat ikut jejogetan sekalian olahraga. Jangan pikir gue ngikutinnya persis seperti mereka ya. 

Yang gue tonton
Yang gue lakukan


Ketiga, gue lihat banyak banget fans Kpop kreatif yang akhirnya menjadikan kecintaan mereka akan Kpop jadi sumber penghasilan mereka. Banyak yang berbisnis pernak-pernik Kpop, ada juga yang berbisnis travel agent khusus wisata Kpop di Seoul. Cool banget kan? Sayangnya gue belum sampe level ini. Apa perlu gue tulis juga soal Kpop sebagai salah satu alat usaha perdamaian Semenanjung Korea?

SOAL ARTIS YANG NGGAK KREATIF

I've never been so wrong! Siapa bilang mereka nggak kreatif?! Okelah, beberapa artis rookie di manajemen besar memang belum diizinkan rilis lagu ciptaan sendiri, karena belum terbukti apakah lagu mereka bakal laris apa gak. Jadi mereka memang bawain lagu ciptaan komposer yang udah lebih ahli, yang penting nama mereka dikenal publik dulu. Saat mereka udah beken, mulai deh, perlahan, mereka diizinkan rilis lagu buatan sendiri. CNBLUE, misalnya. Lagu debut mereka di Korea, 'I'm a Loner' ternyata dibuat sama orang lain. Saat penggemar mereka mulai banyak, baru deh mereka boleh rilis lagu buatan sendiri, dan akhirnya sealbum full buatan sendiri.

Gue juga sangat salah soal "nggak kreatif" di bidang dance. Nggak ada yang nggak kreatif soal dance. Walau koreografinya bikinan orang lain, tapi saat lo jago ngedance, gue bakal tetap memuji lo setulus hati, karena sekarang gue sadar, ngedance yang bagus itu susah!

Tarian Taemin di video Move sungguh menyentuh hati. He's breaking the gender roles in dancing.
Tarian EXO di lagu Monster, yang entah berapa ribu kali gue coba, nggak pernah bisa.
Vokal dan rap mereka biasa aja karena dance lebih penting? Gue nggak mau ngomong banyak. 


Dengerin vokal dua vokalis FT. Island dan N.Flying ini. Sampai akhir!


Dengerin rap Mino WINNER. Jangan lupa baca terjemahan liriknya.

SOAL ARTIS KOREA TERLALU GAMPANG TERKENAL

KATA SIAPA?! Dulu gue nggak tahu kalo artis Korea itu harus menjalankan masa training. Ada yang beruntung cuma beberapa bulan, ada yang sampai bertahun-tahun. G-Dragon, misalnya. Lima tahun jadi trainee SM Entertainment, kemudian pindah ke YG Entertainment dan menjalankan enam tahun masa training. Total 11 tahun. Kalo udah training udah pasti jadi  seleb? Belum tentu! Banyak yang udah training bertahun-tahun, ternyata nggak berhasil debut. Mereka harus pindah ke agensi lain, mulai training dari awal, atau yaudah, nyerah. Kalo pun udah berhasil debut, kesuksesan mereka tetap belum terjamin. Ada yang baru beberapa bulan debut, ternyata harus bubar karena respons publik nggak sesuai harapan. Ada juga yang udah debut, ternyata mereka harus coba jalan lain untuk terkenal. Boy group HOTSHOT, misalnya. Debut tahun 2014, sayangnya kurang sukses, mereka harus berjuang ikutan ajang survival show dan sekarang terpisah sementara untuk beraktivitas dengan grup masing-masing.

Training enak? Nope. Mereka full latihan nari, latihan nyanyi, latihan main instrumen musik untuk grup berkonsep band, latihan bakat tambahan bagi yang mau merambah akting atau modelling, bahkan belajar Bahasa Korea untuk trainee yang berasal dari luar Korea. Bisa tidur sebentar aja udah syukur. Band udah terbentuk, jaminan debut udah ada, apakah hidup mereka jadi mudah? "Ngamen dulu sana di Stasiun Shinjuku!" kata CEO FNC Entertainment ke CNBLUE waktu itu. Sebagai trainee, honor mereka nggak seberapa, bahkan ada yang nggak dibayar. Perjuangan mereka keras, ya?

Sekarang, saat dengar ada orang yang meremehkan atau bahkan menghina Kpop, gue cuek. Mereka cuma kurang tahu soal Kpop. Hang in there, buddy. 

Watch this video and tell me how this kind of entertainment is trash:

No comments:

Theme images by latex. Powered by Blogger.