BTOB di Jakarta: Missing You (Already!)

5:48 PM
“Ci, lagu bitop enak ya.” Kata gue ke Echie, teman gue yang udah 4 tahun ini hilang tak berkabar, di Kos Ijo tercinta kami dahulu. Entah waktu itu gue habis dengar lagu mereka yang mana.

“Heh! Bacanya bitubi!” kata Echie si panutan kaum K-poper, dan dia lanjut nyerocos pamer keseruan BTOB. Dahulu, sebelum gue suka Kpop, gue bisa paham dan hafal nama-nama grup Korea karena berteman sama Echie. Gue juga jadi hafal nama-nama member 2PM karena Imah, roommate gue yang kerjaannya menatap laptop sambil menjerit "WOOYOUNG OPPA!" Gue bahkan tahu dan sempat suka sama kakaknya Nichkhun, Nichan. Penting banget, 'kan?!


Beberapa tahun kemudian, gue ngejogrok ke dunia oppa juga. Gue gak begitu tahu lagu-lagu BTOB, tapi kalo lagi mood dengerin K-pop ballad, BTOB selalu jadi andalan. Menurut gue, vokal mereka salah satu yang terbaik di Kpop, yah hampir sama kayak EXO. Waktu "Missing You" rilis, gue memutuskan, kalau mereka konser di Indonesia, gue akan nonton, demi bisa nyanyiin lagu ini bareng sama mereka. Yes, segitu sukanya gue sama lagu ini.

Gue malah lebih kenal aksi gila mereka, apalagi Yook Sungjae si bintang variety show. Juarak sih komen-komen songong dia ke Lee Seunggi di All the Butler. Serius, ini salah satu grup Korea tergila. Semua membernya cabe, bukan hanya satu atau dua orang. Super Junior dan BTOB adalah boy group tercabe versi gue. Kalo lagi ingin tak berfaedah dan cuma ingin ngakak heboh, video-video Super Junior dan BTOB selalu jadi tontonan gue di YouTube. Plislah mereka jadi pelawak aja!
Penyanyi atau pelawak?
21 September 2018 lalu, gue akhirnya memadu kasih dengan BTOB. Tempatnya di The Kasablanka, jadi gue nggak perlu panas-panasan ngantre. Padahal emang nggak pernah ngantre juga sih, gue selalu masuk venue saat konser mau dimulai. Anaknya malas qaq! Untungnya The Kasablanka ini kecil, walau nonton dari barisan belakang, mereka tetap terpampang nyata, nggak kayak waktu nonton Music Bank 2017, yang gue bahkan lupa udah pernah nonton EXO, karena nontonnya dari ujung dunia.



Jujur, gue nggak begitu tahu beberapa lagu yang dibawakan. Gue juga agak sedih karena nggak ada Eunkwang, yang vokalnya paling gue suka di BTOB. Panggungnya pun sederhana, nggak seheboh konser Kpop lain. Tapi yah sebiasa-biasanya panggung ini, tetap aja luar biasa.

Sesi favorit gue adalah saat mereka main "Kamu-Kamu". Jadi masing-masing member memilih pertanyaan dari fans, "Siapa yang paling..." dan mereka harus nunjuk member yang sesuai dengan pertanyaan itu. Ini saat yang tepat untuk melancarkan aksi cabe mereka, sayangnya, karena terhalang bahasa, kecabean mereka kurang total. Mereka tetap banyak bercanda, dan Minhyuk jutaan kali membanggakan diri sebagai Leader. Karena Eungkwang si Leader asli lagi wajib militer, terpilihlah Minhyuk, Leader yang terpilih lewat undian. Random abis! Gue senang banget Peniel selalu berbahasa Inggris. Ilhoon juga lumayan sering berbahasa Inggris, yang surprisingly bagus, logat Koreanya nggak kental. Gemas banget waktu Sungjae juga berusaha berbahasa Inggris. "I very very love you!" Kyaaa! Adequh! Sebelum konser ini, gue nggak punya bias di BTOB. Kadang gue suka Sungjae karena aksinya di variety show, kadang suka Eunkwang karena suaranya dan status dia sebagai bos cabe, kadang suka Changsub karena komentar dan aksi bloonnya. Di konser ini, gue menemukan pacar baru. Ilhoon. Entah kenapa. Cinta nggak perlu alasan, 'kan?
Anyway, gue pikir Sungjae bakal jadi member yang fansnya paling banyak karena seringnya dia tampil di luar grup. Ternyata... kuping gue hampir berdarah setiap giliran Hyunsik ngomong, yang disambut teriakan fans. Ternyata dia yang fansnya paling banyak! Nggak heran sih, dia salah satu member paling berbakat di grup, rajin nyiptain lagu, suaranya oke, jago main alat musik. Dia juga lugu menggemaskan gimana gitu. Tapi maap. Kokoro ini sudah tertuju ke Ilhoon. Walau Eunkwang si bos cabe kali ini absen, dia ternyata mengirim surat untuk fansnya, yang ditampilkan di layar, kurang lebih minta fansnya untuk selalu berbahagia dan jaga diri, tungguin kedatangan dia lagi. Di layar juga ditampilkan video Eunkwang nyanyi solo.



BTOB-BLUE, vocal-line BTOB yang terdiri dari Hyunsik, Sungjae, Changsub (dan Eunkwang), sempat membawakan "When It Rains." Nggak usah ditanya ya kualitasnya. Kokoro gue tertambat vokal Changsub, tapi tetap pengennya hujan-hujanan sama Ilhoon aja. Rap-line yang terdiri dari Minhyuk, Ilhoon dan Peniel tampil membawakan "Icebreaker." Gue baru dengar lagu ini, dan suka banget! Lagunya mirip-mirip tipe lagu ciptaan Zico, dan waktu lihat mereka bawain lagu ini, rasanya kayak waktu lihat Jaehwan, Woojin dan Daniel Wanna One bawain Kangaroo di BSD. Girang banget! Lagunya emang bernuansa ceria, padahal gue nggak tahu artinya. Gue juga suka banget waktu mereka membawakan "Only One For Me." Lagu ini emang nyantai dan terasa akrab. Fanchant lagu ini juga terdengar seru. Beberapa hari sebelum konser, gue mempersiapkan telinga dengan dengerin BTOB seharian. Ada satu lagu yang langsung menancap di otak gue, "Yeah." Lagunya juga bernuansa ceria. Gue lagi suka lagu tipe-tipe begini nih! Gue berlutut dan berdoa, semoga lagu ini dibawakan di konsernya. Ternyata benar, lagu ini dibawakan! Dan memang seseru itu! Yang terfavorit, tentunya "Missing You." Saat mereka ke balik panggung dan "pura-pura" konsernya udah selesai, para penonton nyanyiin lagu ini. Gue merinding! Meskipun fans yang nyanyiin, kedengarannya tetap merdu! Akhirnya BTOB kembali ke panggung dan membawakan lagu ini sebagai encore. Ini saatnya gue meluncurkan segenap kekuatan yang tersimpan sejak awal konser, karena cuma ini lagu BTOB yang liriknya (minimal chorusnya) gue hafal. Gue nyanyi sekeras mungkin, dengan lirik yang sering salah, tapi biarlah, ini impian gue sejak awal. Pengen sing along "Missing You" langsung bareng BTOB. Impian kecil gue terwujud.
Gue berharap bisa nonton BTOB lagi saat mereka semua udah lengkap, semua udah selesai wamil. Semoga kebaperan terhadap BTOB ini cepat sembuh, karena gue harus membuat ruang di hati untuk para oppa dan dedek selanjutnya. See you, Stray Kids, WINNER, DAY6!

No comments:

Theme images by latex. Powered by Blogger.