Memori Penuh Warna di Gili Trawangan


Maret 2016 lalu, gue dan Monde melakukan perjalanan yang memorable, bikin baper sampai sekarang. Selama seminggu, kami keliling Bali dan Tiga Gili (Trawangan, Air, Meno). Kenapa baru gue tulis sekarang? Dulu nggak kepikiran buat masukin cerita trip gue di blog. Dan barusan juga denger Love Yourself-nya Justin Bieber yang jadi anthem selama di Gili. Di Bali, kami sibuk beach hopping, keliling dari satu pantai ke pantai lain, sedangkan di Gili, trip kami lebih nyantai, kebanyakan ngademnya, yang ternyata justru jadi yang paling memorable.

Setelah naik fast boat dari Bali ke Gili Trawangan dalam waktu sejam, kami tiba di Gili dan langsung dijemput Mas Andre, dengan quote terkenalnya; "Nggak enak punya rambut gimbal, gatel! Kalo keramas harus pake peditox." Diantarlah kami ke penginapan kami, Gili la Boheme, berkat review di Trip Advisor yang bikin ngiler. Ini bukan hotel, tapi semacam gubuk lucu. Tiba di Gili la Boheme, ternyata bookingan kami belum dikonfirmasi Traveloka, dan penginapan itu udah full booked. Crylah! Kami dioper ke Gili la Boheme Sister. Entah sister tertua apa termuda. Kami jalan kaki sekitar 700 meter dengan ransel yang beratnya kayak anak bayi baru lahir. Kembar tiga. Gue jadi bantet begini, padahal dulu tinggi gue macam Gigi Hadid. Awalnya gue dan Monde jiper karena hanya kami orang Indonesia yang nginep di Gili la Boheme Sister, takut rasis. Eh ternyataaaaa kami malah diperlakukan dengan sama istimewanya dengan para bule. Di sana ada Aidit yang ngeblast Justin Bieber - Love Yourself sepanjang hari. Karena itulah kalo dengar lagu ini, gue berasa lagi di Gili Trawangan.

Gubuk manis kami
Berhubung di Gili Trawangan nggak ada kendaraan bermotor, gue dan Monde cuma jalan kaki nyantai keliling pulau. Suasana malam hari di Gili Trawangan menyenangkan banget, nggak berasa lagi di Indonesia! Kalo Legian dipenuhi musik EDM, di Gili Trawangan kami jadi akrab sama musik reggae, makanya selama jalan kaki di Gili Trawangan, kami jalan sambil enjot-enjotan. Kami juga mampir ke Night Market di ujung pulau yang menyediakan banyak jajanan, tapi kami cuma ngiler sama sate seafood. Sayangnya mahal! Setusuk sate harganya 25 ribu. Tapi dengan suasana multikultural yang menyenangkan, tak apalah menggali dompet sedikit lebih dalam. 

Di Gili la Boheme Sister, ada papan absen kalo mau ikutan snorkeling dan island hopping besoknya, seharga 100 ribu per orang. Tinggal tulis nama, besoknya tinggal berkumpul di lobby penginapan. Di hari snorkeling, kami ketinggalan perahu karena salah informasi, tapi pihak Gili la Boheme yang baik hati cariin kami perahu lain supaya snorkeling kami tetap jalan. Saat snorkeling, gue terpesona! Terumbu karangnya warna-warni, banyak kelompok ikan-ikan yang lucu banget, dan kami sempat ketemu penyu. Selama snorkeling, rasanya kulit gue gatal. Gue kira karena air lautnya terlalu asin (gue memang cerdas), ternyata gue kena makhluk bernama sea lice, semacam larva ubur-ubur. Saat kembali naik ke perahu, ternyata semuanya juga merasakan gatal. Gue dan Monde (dan Aidit) tentu berkulit paling kuat, kulit Indonesia. Saat para bule mengeluh "OMG I feel like being electrocuted!" kami bertiga cuma "Ini kayak digigit nyamuk ya." Orang Indonesia memang setrong.
Warna karangnya nggak kelihatan di kamera :(
Kami mampir makan siang di restoran Gili Air dan petugas restorannya harus banget nanyain gue dan Monde "Mbak masuk rombongan bule-bule ini?" MENURUT ELOH?! Gue dan beberapa mbak bule pesan nasi goreng yang menurut gue nggak enak, padahal harganya 50 ribu. Crylah! Tapi para mbak bule berkali-kali "Wow this is so tasty!" Gue bangga. Yang menurut gue nggak enak, mereka malah suka. Duh mbak, mari sini saya traktir nasi goreng gerobak pinggir jalan. Tiga porsi!

Di hari ketiga, kami harus meninggalkan Gili Trawangan dan rasanya sedih banget, beneran! Saat nunggu kapal di dermaga, gue dan Monde menggalau bersama dan berjanji suatu hari akan ke Gili Trawangan lagi. We'll be back!

(Read: Seohyun dan Temannya di Gili Trawangan)

2 comments:

  1. Gw curiga loe sepupuan sama Dora, bukan sama gw! 😛

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sekeluarga besar, sama Diego juga 😂

      Delete

Theme images by latex. Powered by Blogger.