Kenyang di Banzaan, Ramai di Bangla, Gagal Party di Tuk-Tuk

10:47 AM
Malam-malam kami di Phuket diisi oleh hal-hal unfaedah, cuma bolak-balik Seven Eleven. Serius, Seven Eleven di Thailand itu superb banget! Beli roti aja rasanya udah nikmat. Umpamanya, lo beli Sari Roti, nah, nanti roti lo itu dipanasin lagi, trus ditambahin bumbu-bumbu lagi biar makin meriah! Oh nikmatnya. Rasa makanan siap sajinya juga lumayan enak. Selain bolak-balik Seven Eleven, kami juga sempat berkunjung ke dua tempat ngeheits abes di Phuket.

Banzaan Fresh Market
Sayangnya hostel kami di Phuket, Conmigo Hostel, lokasinya agak jauh dari tempat-tempat wisata, jadi kalo mau jalan malam, kami antara harus jalan kaki berkilo-kilo meter atau naik tuk-tuk yang mahal itu. Nah, di malam kedua, karena males jalan kaki, akhirnya kami naik tuk-tuk seharga 130 baht (sekitar 60 ribu rupiah), padahal jaraknya cuma 2 km. Yaelah! Itu mah macam gue naik uber dari Grand Indonesia ke Kemang di jam macet pulang kantor! Tapi yaudahlah, malam ini gue gak kuat jalan jauh, karena kaki udah keseleo sejak di Bangkok.

Tiba di Pasar Banzaan, langsung banyak street food yang dijajakan. Di bagian depan, banyak makanan halal kok, no worries. Banyak juga mas-mas yang nawarin daftar menu supaya kami jajan di lapaknya. Ada kejadian lucu. Waktu kami lagi di pasar itu, ternyata ada Ghea, fellow PresUniver, yang tiba-tiba lari dan peluk Monde dari belakang sambil teriak. Di momen itu, semua mas-mas yang nawarin daftar menu tadi ikutan heboh bersorak! Suasana pasar langsung rame! Pas kami saling berkenalan sama temen-temen Ghea, mas-mas itu juga pada ikutan, kocak banget! LOL

Di Pasar Banzaan ini, lo bisa beli seafood segar yang kemudian bisa dimasakin di restoran-restoran yang terletak di lantai 2. Kami lagi nggak pengen makan seafood, jadi cuma makan streetfood aja. Gue beli mie goreng seharga 50 baht yang bentuknya mirip Mie Aceh. Di Thailand, kalo mau makan mie, lo bisa pilih, mau bentuk mie yang kayak gimana. 
Ada juga tukang sate berbagai macam jenis daging. Ada kepiting, ayam, juga babi. Harganya beragam, 30-50 baht. Btw, soal kehalalan makanan, lo cuma bisa Bismillah. Iyalah, misalnya lo makan ayam. Halal? Belum tentu. Inget kan, syarat penyembelihan yang harus baca Bismillah dsb? Emang mereka kalo nyembelih ayam atau sapi, udah pasti begitu? Kemungkinan besar sih nggak. Jadi yaudah, pasrah aja soal kehalalan makanan. Bismillah aja. Hahaha

Kami makan di lantai 2 foodcourt. Inget, kebiasaan di Indonesia yang selalu minta dilayanin jangan dibawa-bawa. Nggak ada yang bakal ngelayanin lo. Waktu gue makan di Chinatown Singapura, banyak tuh orang Indonesia dan Tionghoa yang seenaknya ninggalin meja berantakan sehabis makan. Padahal etikanya, lo beresin sendiri meja lo. Buang sampah sisa makanan di tempat sampah, nampan dan piring kotornya lo taro di tempat cucian, nanti baru ada yang nyuciin. Sisa kotoran di meja juga bersihin sendiri!

Lah kenapa gue jadi belok ke Singapura? Yaudah sekalian.

Bangla Road
Dari Pasar Banzaan, kami lanjut jalan kaki ke Bangla Road, pusat keramaian penuh dosa itu. Wk. Mulai deket Bangla, mulai banyak tuh yang nawarin klub mesum. Kami nggak tergoda. Bukan karena takut dosa, tapi karena takut duit habis. Jadinya kami jalan tanpa tujuan aja di Bangla Road yang ramai luar biasa dan semakin malam semakin banyak orang yang nggak bisa jalan lurus karena udah mabuk. Sepanjang jalan penuh dengan klub, trus banyak cewek nggak sopan. Masa jejogetan di atas meja cuma pake beha sama kancut? Apa kata mama gue?!

Gue nggak terlalu menikmati keramaian Bangla. Entah karena kaki gue yang keseleo udah berasa nggak nyaman, atau emang gue pusing menghadapi keramaian itu. Jadilah gue sama Umam yang senasib, pusing menghadapi keramaian, cuma duduk ngemper di depan toko orang, sedangkan Monde dan Zay si anak party entah mampir di mana aja.
Patong Beach mirip Pantai Losari. Minus Pisang Epe.
Pulangnya, gue mulai merengek nggak mau jalan kaki. Dammit kaki keseleo! Untungnya teman-teman gue baik banget, mereka bersedia naik tuk-tuk lagi omg thank you guys! Tuk-tuk dari Bangla Road ke hostel kami yang cuma 2 km itu mahal banget astaga! Masa abangnya minta 300 baht (sekitar 120 ribu rupiah)?! OGAH! Mau nabung naik haji apa yak?! Jadi kami agak jalan lagi, menghindari keramaian untuk nyari tuk-tuk. Ternyata sama, mereka minta 300 baht. Monde nawar dengan mengiba "Ini malam terakhir kami di Phuket, kok abang tega sih bikin kami bokek?" Akhirnya abang itu bersedia ngasih separuh harga. Tapi ya, mentang-mentang kami nawar, abangnya nggak mainin musik! Kan nggak clubbing di Bangla, minimal harus clubbing di tuk-tuk! :(
Penuh warna tapi nggak bermusik :(
Eh iya, naik tuk-tuk baik pergi tadi maupun pulangnya, pas turun, abangnya minta uang lebih dari harga yang disepakati. Jangan mau kasih ya guys! Bilang aja "Lah kan tadi udah sepakat harganya sekian!" Trus langsung pergi aja, nggak usah ngomong lama-lama.

2 comments:

  1. Kadang ada juga abang Tuk-tuk yang nyambi jualan perempuan. Foto2 cewek sexy dikasi lihat ke penumpang, nanti tinggal tunjuk trus penumpang langsung dibawa ke tempat tuh cewek... haha

    ReplyDelete

Theme images by latex. Powered by Blogger.