ACT III: M.O.T.T.E. Jakarta, G-Dragon sang Bintang Sejati!


Tanpa diduga dan secara tiba-tiba, gue nonton G-Dragon di Indonesia, hanya sehari setelah gelaran Music Bank. Di H+1 Music Bank, berhubung acara gue dan Rima batal, gue berniat leyeh-leyeh aja di kasur sambil galau merindukan EXO. Ceritanya gue udah siap untuk PCD berat. Jam setengah 12 siang, gue sempat berpikir "Wah kalo gue nonton G-Dragon juga hari ini, sekarang udah harus siap-siap." Tepat jam 12 siang, gue dapet telpon, rekan gue yang mestinya liputan hari itu mendadak berhalangan hadir, jadi gue ditanya apakah bisa menggantikan dia. It's G-Dragon, a K-pop god, so I said yes straight away!

(Read: Music Bank 2017 in Jakarta: Suara Jeritan Mengalahkan Suara Speaker)

Gue memang suka banget BIGBANG, gue suka lagu-lagu mereka dan suka nontonin video-video live mereka di YouTube, tapi gue nggak familiar sama proyek solo membernya, palingan cuma tahu beberapa lagu yang ngehits, meskipun kalo ditawarkan nonton gratis, gue mau dong! Ternyata tiga hari sebelumnya, gue sempat ngetwit begini:
The universe is full of surprise sometimes.

Di konser ini, gue ditempatkan di kelas CAT 1 yang lumayan dekat panggung. Gue bahagia, karena tipe penonton kali ini bukan tipe penjerit histeris kayak penonton Music Bank di hari sebelumnya. Yang terpenting, nggak ada yang bawa peluit! G-Dragon oh damn he's really a K-pop god! Sayang gue nggak hafal lagu-lagunya, tapi aksi G-Dragon nggak bikin gue mati gaya. Meskipun nggak bisa ikutan sing along, gue bisa ikutan lompat-lompat dan jejogetan random. G-Dragon nggak tampil minus one, dia membawa full band beserta banyak penarinya. Dia aktif keliling panggung, sesekali ikut ngedance bareng para dancer, selebihnya joget random aja. Satu hal yang ada di pikiran gue saat itu: dia bukan "produk pabrikan!" You know what I mean? ;)



Gue berharap dia bawain satuuuu aja lagu BIGBANG, supaya gue bisa ikutan sing along. Eh, ternyata nggak ada guys! LCD screen di panggung itu keren banget, nampilin visual-visual yang mendukung kerennya GD. Setelah rajin nonton video-video BIGBANG, gue jadi tahu bahwa GD orangnya pemalu dan nggak jago berinteraksi sama orang lain. Di konser ini, itu terbukti. GD nggak banyak berinteraksi sama penonton, tapi aksi panggung dia udah cukup jadi cara dia menghubungkan diri dengan penonton. Saat dia beraksi, nggak ada yang bakal nyangka bahwa dia aslinya pemalu. He's so passionate about what he does and I love that. Gue juga suka gimana GD nggak memaksakan diri untuk banyak bicara di atas panggung atau memberikan fan service yang mungkin bakal ngebuat dia ngerasa nggak nyaman. He's true to himself. Sebagai gantinya, dia menampilkan video monolog dirinya curhat mendalam. Sumpah ini terharu banget! Gue yang bukan fans beratnya aja sampe merinding, meskipun sambil sibuk nerjemahin. Begini curhatannya:

“Banyak yang mengenalku sebagai G-Dragon. Berbicara seperti ini, rasanya aneh memperkenalkan diri. Orang yang kalian lihat di layar sekarang, bagi seseorang, adalah seorang anak, teman, cinta, mungkin bintang favorit atau selebritas. Tapi yang terpenting, aku bahkan tidak yakin siapa diriku. Aku selalu berusaha tampil baik saat sebagai G-Dragon. Nyatanya, terkadang itu berat bagiku. Tapi aku tidak takut melepasnya. Aku mungkin tampak bahagia, tapi belakangan, entahlah. Setidaknya di depan kalian… tidak, saat ini, aku ingin lebih jujur tentang siapa Kwon Ji Yong itu untuk pertama kalinya. Semoga aku bisa jadi seseorang yang tetap bersinar tanpa hal-hal gemerlap ini. Aku sudah hidup sebagai G-Dragon sampai sekarang, tapi sekarang aku ingin hidup sebagai Kwon Ji Yong. Entah kalian ingin aku jadi apa, tapi yang kalian lihat sekarang adalah segalanya. Jadi aku tidak tahu bagaimana harus memandang kalian. Kalian tidak yakin maksudku, ya? Siapa aku? Apa kamu mengenali dirimu?”


Sepanjang konser, dia emang nggak pernah sekalipun memperkenalkan diri sebagai "G-Dragon." Dia selalu nyebut dirinya "Kwon Ji Yong." Setelah video ini diputar, penonton serentak manggil dia dengan nama "Ji Yong," trus saat kembali ke panggung dan dengar penonton memanggil nama aslinya, dia kayak tersekat nahan nangis gitu, sambil nurunin topi buat nutupin muka. Sweet banget, pengen peluk! Di lagu 'Divina Commedia', GD turun dari panggung sambil bawa mic stand, untuk nyanyi sejajar dengan barisan penonton. Beruntung banget penonton yang berdiri di depan, melihat GD yang terpampang nyata pas di depan muka. 

A post shared by Sheyla Ashari (@sheylamcf17) on


Lagu terakhir yang dia bawain adalah 'Untitled,' dan untungnya gue hafal chorus lagu ini! Lumayan, akhirnya bisa sedikit ikut sing along. Saat lagu ini berakhir, di layar muncul end credits yang ditutup dengan tulisan "The End." Semua penonton bingung, apakah konsernya beneran selesai? Masa nggak ada encore? Di negara lain, 'Crooked' dibawain sebagai encore. Jadilah selama beberapa menit kami dilanda kebingungan dan belum rela beranjak dari venue. Kemudian lampu venue dinyalakan, dan kru naik ke panggung untuk beres-beres. Ternyata konser resmi berakhir.
Gue nonton konser ini secara mendadak tanpa persiapan apapun, tanpa dengerin lagu-lagunya dulu. Gue pulang dari konser ini dengan hati yang penuh. G-Dragon menurut gue adalah musisi dan performer sejati. Kwon Ji Yong is a really special person!

Baca ulasan gue untuk Creative Disc tentang konser ini: 
Konser Penuh Haru Dengan G-Dragon di Indonesia: “Aku Kwon Ji Yong!”

No comments:

Theme images by latex. Powered by Blogger.